Strategi mudah menjadi eksportir (bag.1)

facebook twitter digg technorati stumbleupon delicious reddit plusone
Bagian ke 1 dari 2 artikel. Saya pengen sedikit sharing mengenai dunia marketing yang sekarang lagi booming. Terutama teknik marketing via internet, namun akan saya sebutkan juga yang konvensional alias promosi secara offline. Ada sedikitnya 2 cara yang bisa dilakukan untuk promosi "yang mau menambahkan silahkan" okelah kalo begitu mari langsung kita simak aja.

PERTAMA : secara offline “kita mendatangi/ mencari calon konsumen” yaitu dengan cara mengikuti ajang pameran di dalam maupun di luar negeri , sehingga mendapatkan kontak dengan para calon konsumen.
KEDUA : secara online “konsumen yang mencari kita” merupakan kebalikan yang pertama dan ini sekaligus sebagai sebuah keuntungan. Internet marketing merupakan program pemasaran lewat internet. Jadi, exportir menggunakan website sebagai media promosi dimana calon konsumen dapat langsung mengakses produk dan harga yang ditawarkan dengan jelas dan mudah.
Tentu cara ke dua dibilang paling efektif  untuk menarik pembeli dari luar negeri karena kita tidak perlu bersusah payah mengeluarkan biaya, waktu dan tenaga untuk mencari pembeli, semua informasi sudah tersedia dalam website .Sudah pasti penguasaan internet marketing sangat dibutuhkan untuk berkompetisi degan exportir negara lain yang rata-rata sudah lebih dulu kenal internet .

Berikut tahapan awal untuk menjual produk secara online , antara lain : 
Membuat website yang berisikan penjelasan tentang produk dengan  domain  ( alamat website ) yang sesuai dengan usaha. Silahkan membuat website yang free seperti wordpress dan blogspot atau website yang berbaya.Membuat website yang mengusung tema toko online tentunya akan lebih tepat.


Memiliki ijin dari dinas terkait jika diperlukan.
Memiliki website produk saja belum cukup, tetapi kita harus membuatnya search engine friendly yaitu mengoptimalisasi website kita agar ketika konsumen mengetikan  nama produk tertentu(key word) pencarian lewat mesin pencari seperti google, website produk kita bisa muncul di halaman pertama. Tujuannya adalah dengan tampil di halaman pertama kita berharap banyak pengunjung calon konsumen ke website yang telah dibuat.

Inilah kesempatan besar bagi calon-calon eksportir yang ingin menggunakan internet sebagai media marketing, atau anda sendiri sudah punya produk? tiada salahnya untuk dicoba. bersambung....

Artikel yang Berkaitan


0 komentar:

Posting Komentar

 
mas winardi klaten © 2011 | Template by Blogger Templates Gallery - Life2Work