Handphone kesiram air? segeralah ditolong

facebook twitter digg technorati stumbleupon delicious reddit plusone


Kenapa saya katakan harus segera ditolong? Tentu sudah rahasia umum kalau zat cair akan menyebabakan korosi ketika terkena bahan logam. Berangat dari situ bisa dipahami korosi itulah yang akan menyebabkan handphone kita mati karena putus jalurnya.
Mungkin ada yang pernah mengalami handphone tersiram atau jatuh ke air tapi handphone tidak mati. Saya katakan itu cuman kebetulan saja. kenapa? Karena saya sering menerima servis handphone yang terkena air 2 atau 3 hari yang lalu, setelah sampai di tempat saya, dibongkar dibersihkan, dan ternyata sudah terjadi korosi di bagian konektor-konektornya. Ya kalau konektor atau sparepartnya ada dan gampang dicari di pasaran itu jadi tidak masalah. Terlebih kalau yang korosi adalah kaki ic atau konektor yang menyentuh PWB atau pcb handphone sudah bisa dipastikan handphone tidak akan tertolong alias harus di lem biru (lempar beli yang baru)

Maka akan kita bayangkan saja hal yang paling buruk yang akan terjadi, yaitu handphone kesanyangan kita akan MATI atau matot (mati total). Nah sayang banget kan kalau sudah begitu? Yang punya handphone mengatakan bukan handphone nya yang paling berharga tapi data-data dan nomor-nomor kontak penting yang tersimpan. Apalagi anda adalah seorang bisnisman mungkin.

Tak ingin handphone anda mati total setelah tersiram air? Simak 5 tips berikut kalau anda bukan teknisi handphone :
  1. SEGERA ambil handphone yang terjatuh dan lepas battery, Saya katakan SEGERA, tindakan ini dimaksudkan untuk menghindari korsleting diantara komponen handphone, terbakar dan menghindari battery drop.
  2. SEGERA buka kesing handphone jika memungkinkan, hal ini dimaksudkan untuk memberikan ruang yang lebih lebar untuk penguapan air yang tersisa di sela-sela handphone.
  3. SEGERA keringkan handphone dengan cara diangin-anginkan di tempat yang hangat, ingat ya hangat bukan panas. Karena kalau panas bisa merusak lcd handphone terutama.
  4. JANGAN buru-buru menghidupkan handphone kalau belum yakin benar sudah kering. Kalau sudah yakin kering coba hidupkan handphone (smoga masih bisa hidup). Kalau tidak bisa hidup SEGERA bawa ke tempat servis handphone untuk dibersihkan.
  5. SEGERA (Kalau bisa hidup) untuk menghindari korosi jangka panjang (pada prinsipnya kalau zat logam/ mesin handphone kena zat cair akan terjadi korosi cepat atau lambat) silahkan bawa ke tempat
    servis dengan keadaan handphone hidup dan katakan "tolong mas handphone saya dibersihkan dalemannya karena habis kena air" INGAT bawa handphone dalam keadaan hidup supaya tidak kena ongkos servis yang mahal. Karena kalau sudah mati ongkosnya bakal lebih mahal.
Semoga handphonenya masih bisa terselamatkan ya. Kalau masih bingung bisa tulis di kotak komentar ko'.

Artikel yang Berkaitan


0 komentar:

Posting Komentar

 
mas winardi klaten © 2011 | Template by Blogger Templates Gallery - Life2Work