Strategi mudah menjadi eksportir (bag.2)

facebook twitter digg technorati stumbleupon delicious reddit plusone
Bagian ke 2 dari 2 artikel. Nyambung posting yang kemaren mengenai strategi untuk menembus pasar luar negeri atau ekspor. Kalau di artikel yang pertama sudah saya sebutkan bahwa minimal ada 2 cara unutk promosi produk, maka di bagian ke 2 ini akan saya tekankan untuk nomor 2 aja yaitu promosi untuk ekspor via internet.

Kenapa harus internet? karena itulah cara yang paling mudah untuk menembus pasar luar negeri yang jaraknya tentu sangat memakan biaya jika harus datang ke negara calon konsumen kita. Bisa disimpulkan ada beberapa keuntungan jika promosi lewat internet "internet marketing" simak yang berikut
1.Tentu biaya promosi bisa murah meriah atau bahkan gratis
2.Tak terbatas dengan jarak yang jauh
3.Bisa online dan buka 24 jam non stop
4.Kecenderungan akan penggunaan internet yang makin luas dan terjangkau berbagai kalangan.

Kemudian apa yang perlu dipersiapkan jika mau promosi lewat internet. Akan saya sebutkan secara garis besar saja dan insya alloh itupun sudah mewakili.

1.Menyewa domain yaitu nama toko online kita, atau bisa juga memanfaatkan jasa domain gratis. Pilihlah nama domain yang sesuai dengan target pasar yang akan kita bidik. misal "souvenirpernikahan.com ".
2.Menyewa hosting yaitu tempat meletakkan berkas-berkas di toko online kita.
namun bila anda orang yang awam, saya sarankan untuk menyerahkan urusan no 1 dan 2 diatas ke jasa pembuat web dan semuanya akan beres. Tentu kita harus mengeluarkan biaya untuk itu semua.
3. Website kita nantinya harus berisi produk berupa ganbar ataupun dan penjelasan secara detail tentang produk yang kita tawarkan, mungkin spesifikasi, warna, ukuran, dll.

Website harus ringan untuk diakses dan diupdate secara periodik supaya tidak stagnan/ terlihat mati. Sesuaikan website tersebut dengan target negara yang akan kita bidik. Karena pasar yang kita tuju adalah pasar internasional, maka lebih tepat gunakan bahasa inggris. Hal ini dimaksudkan agar pengunjung website kita lebih nyaman dan lebih segmentif.

Segitu dulu dari saya tidak usah panjang lebar ya.... soalnya saya juga lagi belajar... :) . Yang paling penting adalah action. Tanpa action semua pengetahuan kita cuman akan sia-sia. Okelah saya mau istirahat dulu. Oia... yang mau nambahin ide marketing silahkan di kotak koment...

Artikel yang Berkaitan


0 komentar:

Posting Komentar

 
mas winardi klaten © 2011 | Template by Blogger Templates Gallery - Life2Work