Tips memilih hp baru

facebook twitter digg technorati stumbleupon delicious reddit plusone
Terinspirasi untuk berbagi tips memilih handphone yang hendak dibeli. Ini bukan tips membeli handphone ya, melainkan Tips memilih handphone dulu sebelum membeli.

Tak bisa dipungkiri lagi bahwasanya pasar handphone di indonesia merupakan pasar yang begitu dinamis. Membanjirnya berbagai jenis perangkat seluler membuat sebagian kita tergiur untuk memilikinya ataupun sekedar ingin menjajal berbagai fitur menawan yang ditawarkan.
Katakanlah sekarang yang lagi tren OS Andorid berhasil menarik perhatian besar di pasar handphone. Ada Blackberry, juga iOS milik iphone. Hal inilah yang membuat para pembeli bingung. Sebenarnya apa tho kelebihan masing-masing? Apalagi yang sekedar ikut-ikutan, mengikuti tren dan korban pasar.

Berawal dari situ saya ingin berbagi tips ringan "sebelum" membeli handphone, yaitu memilih fitur yang sesuai dengan yang kita butuhkan dan bukan yang kita inginkan. Sambil belajar membedakan mana kebutuhan dan mana keinginan. Baiklah tanpa basa basi berkepanjangan langsung ke inti aja yuk.

  • Pertama silahkan membuat perencanaan prioritas fitur apa yang kita butuhkan. Kemudian coba simak keterangan masing-masing fitur berikut.
  • Konektivitas : ada GPRS/EDGE yang hanya mendukung speed dial up atau UMTS/HSDPA/2G/3G/4G tentu medukung kemampuan akses data kecepatan tinggi. WiFi juga perlu ditambah lagi kabel USB dan adanya bluetooth sangat penting.
  • Display : pilih yang biasa atau touchscreen, paling penting pilihlah display berukuran besar misal nokia 5230 dengan display touchscreen 360 x 640 pixels, 3.2 inch dan mempunyai 16M warna.
  • Sound : handphone yang expres musik tentu mampunyai sound lebih baik, namun kalau sound bukan prioritas maka diabaikan saja.
  • Memory : ini sangat penting dan jangan salah pilih. Karena berhubungan dengan kecepatan loading hp dan kemapuan menyimpan data. Carilah yang punya memory internal besar misal 80MB dan sudah mendukung memory ekternal misal MicroSD. Ukuran RAM cari yang besar misal 128MB juga udah lumayan. Kalau perlu carilah yang ada processor misal ukuran 600MHz untuk  nokia E6.
  • Kamera : nampaknya untuk keperluan sekarang tidak bisa ditinggalkan. Maka cari kamera yang piksel nya gede makin gede makin baik. Misal saja 5megapiksel. Ada  kamera video call akan lebih baik.
  • Battery : cari yang mempunyai daya tahan lama misal 1200mAh atau lebih besar akan lebih baik.
  • Features : akan saya sebutkan dari yang paling penting. SMS, MMS, Push Email, IM, Wap 2.0, xHTML, HTML, GPS, Java MIDP 2.1, QuickOffice Document editor, Flash lite, dan mendukung berbagai format audio video misal MP3, MP4, WAV, WMA, RV player, radio dll

Yang terakhir sebagai catatan ada hal yang tidak bisa ditawar kayaknya yaitu badget kita berapa tho? maka sesuaikan prinsipnya dengan badget minimal bisa dapat spek terbaik pokoknya yang ter ter lah heqiqiqi.... Satu lagi Sesuaikan spek dan fitur yang hendak kita beli dengan kemampuan dan kebutuhan kita. Jangan sampai kita sudah beli teknologi yang mahal tapi manfaatnya tidak bisa optimal, emm....rugi banget khan..?

Misal kita beli handphone dengan fitur video call, tanya? kapan kita gunakan, berapa kali sehari seminggu sebulan. Kalau jarang kita gunakan mendingan uangnya buat beli bakso sama temen2.. wkwkw.k.

Sekian dulu kalau ada yang kurang ditambah ya... :) thanks

Artikel yang Berkaitan


0 komentar:

Posting Komentar

 
mas winardi klaten © 2011 | Template by Blogger Templates Gallery - Life2Work